Minggu, 14 Desember 2014

PERENCANAAN PEMBELAJARAN



PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Hasil Diskusi
            Definisi Perencanaan Pembelajaran
            Menurut H.B. Siswanto (2007:42) perencanaan adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan dan menentukan cakupan pencapaianya. Menurutnya merencanakan berarti mengupayan penggunaan sumberdaya manusia (human resources), sumber daya alam (natural resources), dan sumberdaya lainnya untuk mencapat tujuan.
            Menurut Banghart dan Trull perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaann media pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang dilaksanakan pada masa satu semester yang akan dating untuk mencapai apa yang telah di tentukan.
Perencanaan pembelajaran (Learning Plan) merupakan catatan-catatan awal hasil pemikiran awal seorang guru sebelum memulai pelajaran.
Unsur-unsur perencanaan pembelajaran yaitu:
1.    Pemikiran materi
Silabus adalah pedoman dan perancangan pedoman indikator suatu pelajaran.
2.    Metode
3.    Media
4.    Alat
5.    Evaluasi

Macam-Macan Metode Pembelajaran
·         Metode Tanya Jawab.
Dalam menggunakan metode belajar, tidak hanya guru saja yang senantiasa berbicara seperti halnya dengan metode ceramah, melainkan mencangkup pertanyaan-pertanyaan dan pentumbangan ide-ide dari pihak siswa.
·         Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah.
·         Metode Demonstrasi dan Eksperimen
Antara metode demonstrasi dan eksperimen sebenarnya berbeda, akan tetapi dalam praktek sering dipergunakan silih berganti atau melengkapi.
·         Metode Kerja Kelompok
Kerja kelompok dapat diartikan sebagai suatu kegiatan belajar-mengajar dimana siswa dalam suatu kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi atas kelompk-kelompok kecil untuk mencapai suatu tujuan pengajaran tertentu.

Alat Pembelajaran
1.    Media by design, adalah media yang dirancang khusus seusai dengan kebutuhan pembelajaran guna mencapai tujuan
2.    Media by utilization, adalah media yang sudah dimanfaatkan oleh sekolah guna menunjang pelaksanaan proses pembelajaran.




Rencana pembelajaran dan silabus itu berbeda. Rencana pembelajaran berdasarkan silabus. Sedangkan silabus merupakan pedoman kompetensi siwswa.
Tujuan perencanaan yaitu:
1.    Ada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.    Strategi, di mana guru mumpunyai trik. Strategi mencakup metode, pendekatan, model dan komunikasi.
3.    Implementasi, yaitu pelaksanaan dari perencanaan.

Pengertian dari silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan kelompok pelajaran/tema yang mencakup strandar kompetesi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapain komptensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

0 komentar: