PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Hasil Diskusi
Definisi
Perencanaan Pembelajaran
Menurut H.B. Siswanto (2007:42) perencanaan adalah proses dasar yang
digunakan untuk memilih tujuan dan menentukan cakupan pencapaianya. Menurutnya
merencanakan berarti mengupayan penggunaan sumberdaya manusia (human
resources), sumber daya alam (natural resources), dan sumberdaya lainnya untuk
mencapat tujuan.
Menurut Banghart dan Trull
perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaann
media pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu yang dilaksanakan pada masa satu
semester yang akan dating untuk mencapai apa yang telah di tentukan.
Perencanaan pembelajaran (Learning Plan) merupakan catatan-catatan
awal hasil pemikiran awal seorang guru sebelum memulai pelajaran.
Unsur-unsur perencanaan
pembelajaran yaitu:
1.
Pemikiran
materi
Silabus adalah pedoman dan perancangan pedoman indikator suatu pelajaran.
2.
Metode
3.
Media
4.
Alat
5.
Evaluasi
Macam-Macan Metode Pembelajaran
·
Metode
Tanya Jawab.
Dalam menggunakan metode
belajar, tidak hanya guru saja yang senantiasa berbicara seperti halnya dengan
metode ceramah, melainkan mencangkup pertanyaan-pertanyaan dan pentumbangan
ide-ide dari pihak siswa.
·
Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara
penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif
pemecahan masalah.
·
Metode
Demonstrasi dan Eksperimen
Antara metode demonstrasi
dan eksperimen sebenarnya berbeda, akan tetapi dalam praktek sering
dipergunakan silih berganti atau melengkapi.
·
Metode
Kerja Kelompok
Kerja kelompok dapat
diartikan sebagai suatu kegiatan belajar-mengajar dimana siswa dalam suatu
kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi atas kelompk-kelompok kecil
untuk mencapai suatu tujuan pengajaran tertentu.
Alat Pembelajaran
1.
Media by
design, adalah media yang dirancang khusus seusai dengan kebutuhan pembelajaran
guna mencapai tujuan
2.
Media by
utilization, adalah media yang sudah dimanfaatkan oleh sekolah guna menunjang
pelaksanaan proses pembelajaran.
Rencana pembelajaran dan
silabus itu berbeda. Rencana pembelajaran berdasarkan silabus. Sedangkan
silabus merupakan pedoman kompetensi siwswa.
Tujuan perencanaan yaitu:
1.
Ada tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
2.
Strategi,
di mana guru mumpunyai trik. Strategi
mencakup metode, pendekatan, model dan komunikasi.
3.
Implementasi,
yaitu pelaksanaan dari perencanaan.
Pengertian dari silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan kelompok pelajaran/tema yang
mencakup strandar kompetesi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator pencapain komptensi untuk penilaian, alokasi
waktu dan sumber belajar.
0 komentar:
Posting Komentar