Senin, 15 Desember 2014

KONSEP DASAR ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan persoalan penting bagi seluruh manusia.pendidikan  selalu menjadi tumpuan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat.pendidikan menjadi alat memajukan peradaban,mengembangkan masyarakat,dan membina manusia supaya menjadi ummat yang bermanfaat bagi yang lainya.
Menurut Hasan Langgulung (200;1) pendidikan bisa ditinjau dari dua segi.pertama dari sudut pandang masyarakat dan dari segi pandangan individu.dari sudut pandangan masyarakat pendidikan berarti pewarisan kebudayaan dari generasi tua ke generasi muda.dilihat dari kaca mata individu pendidikan berarti pengembangan potensi dan bakat individu.
Dalam pandangan Islam pendidikan berorientasi pada terwujudnya manusia sebagai rahmat bagi seluruh alam.(al Anbiya :107).manusia sebagai rahmatan lil alamin merpakan tujuan pendidikan.maka untuk mencapai tujuan tersebut perlu pengaturan/manajemen dan administrasi sehingga pendidikan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
”Administrasi yang baik adalah salah satu syrarat utama pendidikan yang baik” (hasan langgulung ;229) .Munif Chatib (2011;35) berpendapat senada bahwa manajemen marupakan jantungnya sekolah.dalam hal ini sekolah sebagai lembaga formal pendidikan
Manajemen lahir sejak manusia ada di dunia ini.adapun manajemen ilmiah lahir pada abad ke 20 di eropa barat dan amerika ketika terjadinya revolusi industrI dimana terjadi perubahan-perubahan pengelolaandan produksi yang efektif dan efesien.
Menurut Oka A Yoeti (2003;5) tingkatan manajemen terdiri dari tiga,yaitu manajer puncak,manajer menengah dan manajer lini .
Adapun bidang garapan manajemen  meliputi manajemen perkantoran,manajemen produksi,manajemen keuangan,manajemen pemasaran,manajemen personalia ,dan manajemen administrasi/akutansi.
Manajemen pendidikan ini memiliki ruang lingkup manajemen kurikulum,ketenagaan pendidikan,peserta didik,sarana dan prasarana,keuangan,administrasi perkantoran,unit-unit penunjang pendidikan,manajemen layanan khusus,tata lingkungan sekolah dan manajemen hubungan dengan masyarakat.
 
B.RUMUSAN MASALAH
1.Sejauh mana pentingnya administrasi dan manajemen pendidikan Islam?
2.Apa saja tingkatan-tingkatan dalam manajemen ?
3.Apa saja bidang garapan administrasi dan manajemen pendidikan Islam?
4.Apa saja ruang lingkup administrasi dan manajemen pendidikan Islam?
5.Bagaimana implementasi konsep dasar manajemen pendidikan Islam di Tk Persis Tarogong?

 BAB II
KAJIAN TEORI

A.    Urgensi administrasi dan manajemen pendidikan Islam
Pendidikan berperan penting dalam mencerdaskan bangsa,kecerdasan manusia sangat beragam (Multiple intelligenses)   dan semua dapat dikembangkan melalui pendidikan. Menurut ahmad Tafsir (2005;46) pendidikan Islam mempunyai tujuan yang jelasyaitu manusia yang mampu merelisasikan tujuan hidupnya yaitu semua kehidupanya untuk ibadah sebagaimana firman Alah dalam surat al-Dzariyat ayat 56 yang artinya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk ibadah”.
Menurut Al-Syaibani seperti yang dikutif ahmad tafsir (2005;49)  untuk keperluan pelaksanaan pendidikan,tujuan itu harus dirinci menjadi tujuan yang khusus,bahkan sampai pada tujuan yang oprasional yaitu :
1.      Tujuan yang menyangkut individu yang mencakup perubahan pengetahuan,tingkah laku,jasmani dan rohani untuk hidup di dunia dan akhirat
2.      Tujuan yang berkaitan dengan masyarakat,mencakup tingkah laku individu di masyarakat,kehidupan dan pengalaman masyarakat,
3.      Tujuan professional,berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu,seni,profesi,dan sebagai kegiatan masyarakat.
Untuk melancarkan terwujudnya penddikan sesuai tujuan pendidikan itu sendidri perlu pengaturan/manajemen yang baik sehingga memudahkan dan melancarkan pendidikan yang sesuai harapan.manajemen yang baik adalah syarat utama pendidikan yang baik .artinya manajemen dan administrasi pendidikan memegang peranan yang sangat penting (langgulung;230)
Aspek-aspek penting itu adalah:
1.      Memperbaiki kinerja
2.      Menciptakan iklim yang baik hubungan kemanusiaan
3.      mempermudah merealisasikan teori dan meningkatkan kualitas proses
4.      menyatukan pendidikan dengan masyarakat yang mendorong masyarakat ka arah kemajuan,perkembangan dan kestabil

B. Tingkatan –tingkatan manajemen
1.Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer pada tingkat ini mempunyai keahlian sebagai konseptor,artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer di bawahnya.Manajer ini bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi
2.Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajer tingkat ini bertanggung jawab dalam melaksanakan rencana dan memastikan tercaainya tujuan .mereka harus memiliki kecerdasan interpersonal (cerdas bergaul) ,artinya memiliki keahlian berkomunikasi,bekerjasama dan memotivasi orang lain.
3.Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Pada tingkatan ini manajer bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang teleh ditetapkan manajer yang berada di atasnya.pada tingkatan ini ditntut memiliki keahlian teknis,yaitu kahlian yang mencakup prosedur,teknik,pengetahuan dan keahlian dalam bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
Menurut Robert L Katz setiap manajermembutuhkan setidaknya 3 keterampilan sebagai berikut
1.Keterampilan konseptual (Conceptual skill)
Keterampilan membuat konsep,ide dan gagasan demi kemajuan organisasi.gagasan atau ide tersebut haruslah dijabarkan menjadi rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu.proses penjabaran ide menjadi  suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning.oleh karena itu keterampilan konseptual juga merupakan keterampilan membuat rencana kerja.
2.Keterampilan berhubungan dengan orang lain (Humanity skill)
Selain kemampuan konseptual,manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain.komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh seorang manajer terhadap bawahan yang dipimpinya.dengan komunikasi yang persuasif,bersahabat dan kebapaan akan membuat karyawan merasa dihargai dan mereka akan terbuka.keterampilan berkomunikasi ini harus dimiliki oleh manajer pada tingkat manapun.
3.Keterampilan teknis (echnical skill)
Keteramilan ini merupakan bekal bagi manajer tingkat yang lebih rendah.keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu,misalnya menggunakan program computer,memperbaiki mesin,akutansi dan lain-lain.
Selain tiga keterampilan dasar di atas,Ricky W Griffin menambahkan dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer ,yaitu: 
1.Keterampilan manajemen waktu
Suatu keterampilan bagaimana seorang manajer dapat menggunakan waktu secara bijaksana.waktu yang mereka miiki merupakan asset yang berharga,dan menyia-nyiakanya berarti membuang dana dan mengurangi produktivitas perusahaan.
2.Keterampilan membuat keputusan
Merupakan ketrempilan untuk mendefinisikan masalah  dan menentukan cara terbaik dalam memecahkanya.kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer,terutama bagi top manager.Griffin mengajukan tiga langkah dalam membuat keputusan.pertama, mendefinisikan masalah  dan mencari alternatif pemecahanya.kedua,mengevaluasi alternatif dan memilih alternative terbaik.dan ketiga,mengimplementasikan alternative yang dipilih serta mengawasi dan mengevaluasi agar tetap di jalur yang benar.

C.Bidang-Bidang Administrasi  Dan Manajemen Pendidikan Islam
Dalam organisasi atau badan usaha menurut Badruddin (2013;22) bidang-bidang administrasi dan manajemen terdiri dari:
1.      Manajemen perkantoran (office Management)
Yaitu rangkaian aktivitas merencanakan,mengorganisasi,mengarahkan,mengawasi dan mengendalikan sampai menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan.sasaran yang terkena rangkaian aktivitas tersebut meliputi mengetik(Typing),menghitng (calculating),menyimpan warkat/arsip(filing),menelpon (telephoning),dan mengirim surat (mailing).

2.      Manajemen produksi (Production Management)
Kegiatan dalam mengatur dan mengkoodinasikan penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efesien demi menciptakan serta menambah kegunaan suatu barang/jasa.
Hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen produksi adalah :
a)      Pemilihan dan desain produk termasuk dalam pemilihan proses produksi
b)      Persediaan agar permintaan konsumen tetap dapat dilayani
c)      Pengendalian mutu supaya kualitas produk memuaskan pelanggan
d)     Pembaharuan (innovating)

3. Manajemen Keuangan (Financial Management)
Manajemen ini berhubungan dengan tanggung jawab pegumpulan,penggunaan,maupun pengelolaan dana perusahaan/organisasi secara efesien.
Manajemen keuangan mempunyai fungsi utama yaitu:
a.Raising of fund (penggalian dana)
b.Allocation of fund ( penyusunan anggaran pengeluaran)
c.Controlling of fund ( pengawasan penggunaan keuangan)

4.      Manajemen Pemasaran (Marketing management)
Pengaturan proses perencanaan,pelaksanaan penetapan konsep produk,penetaan hargapromosi dan pendistribusian gagasan,barang/jasa yang memungkinkan terjadinya pertukaran untuk memenuhi tujuan individu/organisasi.
Ada  4 hal keberhasilan pemasaran, yaitu :
a.Produk(Product) yaitu sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen berupa barang/jasa
b.Harga (Price) yaitu kompensasi untuk memdapatkan barang/jasa
c.Tempat (Place) yaitu saluran distribusi sehingga produk samapai pada konsumen
d.Promosi (Promotion) yaitu kegiatan aktif untuk menarik konsumen membeli produk yang dipasarkan
5.      Manajemen Personalia/Sumber Daya manusia (Human Resources Management)
Kegiatan merencanakan,mengarahkan,dan mengkoordinasikan semua pekerjaan menyangkut pegawai, mencari pegawai,melatih/mengorganisasi dan melayani mereka.
6.      Manajemen Administrasi/Akutansi (Accounting management)
Adalah cara mengajukan informasi mengenai administrasi/akutansi sehingga membantu manajemen dalam menentukan garis kebijakan dan operasional dari suatu usaha
Tahapan Manajemen Administrasi/Akutansi adalah :
a.Pengumpulan data-data yang dikumpulkan dapat berbentuk data harian,mingguan dan bulanan.
b.Pencatatan data;data dicacat secara sistematis,berurutan dan terperinci.
c.Pengelompokan data;data dikelompokan sesuai dengan kebutuhan
d.Pelaporan ;dilakukan secara periodik,laporan tersebut dapat dibandingkan untuk mengetahui kemajuan atau kemunduran lembaga
e.Penafsiran data;Penafsiran ini berguna untuk menganalisa periode sebelumnya atau membandingkan dengan lembaga lain.
           
D.Ruang Lingkup Administrasi dan Manajemen Pendidikan Islam
Ruang lingkup administrasi dan manajemen pendididkan dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.Manajemen Kurikulum
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan pembelajaran,waktu yang tersedia,jumlah pendidik,pembagian jam pelejaran,jumlah kelas,penjadwalan,buku-buku yang dibutuhkan,program semester,program tahunan,evaluasi,kalender pendidikan,perubahan kurikulum maupun inovasi-inovasi dalam pengembangan kurikulum.
2.Manajemen Tenaga Kependidikan
Perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan penerimaan pegawai,mutasi,surat keputusan,surat tugas,berkas-berkas tenaga kependidikan,daftar umum tenaga kependididkan, upaya peningkatan sdm serta kinerja pegawai dan sebagainya
3.Manajemen Peserta Didik
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi penerimaan siswa baru, penemapatan kelas, kegiatan kesiswaan, motivasidan kegitan peningkatan kualitas lulusan.
4.Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi pengadaan barang,pembagian dan penggunaan barang, perbaikan maupun penghapusan barang
5. Manajemen keuangan/pembiayaan pendidikan;
Meliputi perencanaan pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi masuk dan keluarnya dana,usaha menggali sumber danaserta penggunaan dana secara efektif
6.Manajemen perkantoran
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan kantor agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada semuaorang yang membutuhkan serta berhubungan dengan lembaga
7.Manajemen unit-unit Penunjang Pendidikan
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan, dan evaluasi unit-unit penunjang sepertibimbingan dan konseling,UKS,Pramuka, olah raga,kesenian dan sebagainya.
8.Mnajemen layanan Khusus
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi pelayanan khusus seperti,layanan antar jemput,menu konsumsi,helper dan lain sebainya
9.Manajemen tata lingkungan dan keamanan sekolah
Meliputi perencanan,pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi tata ruang pertamanan,kebersihan dan ketertiban,keamanan dan kenyamanan lingkungan sekolah.
10.Manajemen Hubungan dengan Masyarakat
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan hubungan masyarakat seperti baksos,hasil kerja sama,program-program humas dan sebagainy

BAB III
IMPLEMENTASI KONSEP DASAR MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI DI TK PERSIS TAROGONG GARUT
A.    Profil Sekolah
Tk PersisTarogong Garut  berdiri tahun 1992 di atastanah wakaf seluas 5000m2.yang beralamat di jalan terusan pembangunan no 4 tarogong Garut.secara struktur berada dibawah pc persistri Tarogong Kidul sebagai penyelenggara,adapun secara administrasi berada di bawah manajemen pesantren persis Tarogong Garut.
TK persis Tarogong memiliki 12 ruang kelas,yang dilengkapi denganperpustakaan,ruang serbaguna,poliklinik,Gedung olah raga,mesjid,area bermain,,12 kamar mandi/WC,dapur , mobil jemputan dan lain sebagainya.
Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2013-2014 ini berjumlah 430 anak yang terdiri dari 5 kelas kelompok A dan 7 kelas kelompok B dengan 44 orang pendidik dibantu 16 orang tenaga kependidikan.
Visi : Terwujudnya TK sebagai model taman bermain Islami dan lembaga pendidikan unggulan
Misi: Menumbuhkembangkan generasi penerus yang berakhlak terpuji,mengenal nilai-nilai Islam,pengetahuan dan teknologi
Tujuan:
 1.Terbinanya putra putri muslim yang beriman dan berakhlakul karimah
2.Mempunyai kemampuan dasar membaca Al Quran dan ibadah harian
3.Hafal beberapa surat Al Quran, hadits dan hikam yang dipilih
4.Terbinanya potensi psikis dan fisik untuk siap memasuki pendidikan dasar

Motto:Suritauladan dan kasih sayang bersama penumbuh kembang tunas bangsa


STRUKTUR ORGANISASI
TK PERSIS TAROGONG GARUT
PC PERSISTRI
                                        PIMPINAN PESANTREN
KEPALA SEKOLAH
 









                                                                                   
HUMAS
BIDANG KESRA
BIDANG SARANA
BIDANG KURIKULUM
BIMBINGAN DAN KONSELING
TU & BENDAHARA

                                                                                               

                                               
PESERTA DIDIK
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN




TUGAS POKOK, FUNGSI, DAN WEWENANG STRUKTUR
TK PERSIS TAROGONG GARUT

PENYELENGGARA (PC PERSISTRI)
1.Terhadap Sekolah/Lembaga
a)      Mengajukan ijin operasional penyelenggaraan PAUD Persis ke PP Persistri dan pemerintah terkait
b)      Memberi tuntunan untuk kemajuan PAUD Persis
c)      Melengkapi/menyempurnakan gedung dan alat-alat pendidikan yang tidak dapat diusahakan oleh pengelola
d)     Bertanggung jawab atas pembiayaan sekolah
2.Terhadap pengelola
a)      Mengajukan penetapan mudiroh/kepala sekolah ke PP Persistri
b)      Menetapkan pengangkatan asatidzah  dan karyawan atas pengajuan mudiroh/kepala sekolah
c)      Memperhatikan kesejahteraan asatidzah dan karyawan
d)     Menetapkan rotibah/kenaikan berkala,hadiah lebaran/hari raya,cindra mata dll,berdasarkan musyawarah penetapan RAPBS
e)       mengisi kekosongan asatidzah bila diperlukan dan mampu
f)        Mengawasi dan membantu kelancaran pendidikan.
g)       mendampingi [engelola dalam pelaksanaan administrasi.
h)       Kerja sama dengan astidzah mempromosikan PAUD  Persis
3. Terhadap wali murid/masyarakat.
a)      Mengadakan silaturahim dengan wali murid min 2x setahun.
b)      Menjalin hubungan dengan PAUD lainnya.
c)      Mempromosikan PAUD persis kepada masyarakat.   
4. Terhadap Pemerintah
a)      Memelihara hubungan baik dan bekerja sama dengan pemerintah.
b)      Mengajukan permohonan bantuan yang tidak mengikat kepada pemerintah.


I.          KEPALA SEKOLAH
A.        Kepala sekolah selaku PIMPINAN, mempunyai tugas:
a)      Menyusun perencanaan
b)      Mengorganisir kegiatan
c)      Mengarahkan kegiatan
d)     Mengkoordinir kegiatan
e)      Melaksanakan pengawasan
f)       Melakukan evaluasi setiap kegiatan
g)      Menentukan kebijaksanaan
h)      Mengadakan rapat
i)        Mengambil keputusan
j)        Mengatur proses belajar mengajar
k)      Mengatur administrasi:
·                     Kantor
·                     Siswa
·                     Pegawai
·                     Perlengkapan
·                     Keuangan
·                     Hubungan masyarakat

B.        Kepala sekolah selaku ADMINISTRATOR, mempunyai tugas:
a)      Pengorganisasian
b)      Pengarahan
c)      Pengkoordinasian
d)     Pengawasan
e)      Kurikulum
f)       Kesiswaan
g)      Perkantoran ,meliputi :
ü  Kepegawaian
ü  Perlengkapan
ü  Keuangan
ü  Perpustakaan

C.        Kepala sekolah sebagai SUPERVISOR, mempunyai tugas supervisi terhadap:
a)      Kegiatan belajar mengajar
b)      Kegiatan bimbingan dan penyuluhan
c)      Kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler
d)     Kegiatan ketatausahaan
e)      Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha

II.        TATA USAHA-BENDAHARA
a)      Menyusun RAPBS setiap awal tahun
b)      Membuat perencanaan anggaran bulanan dan tahunan
c)      Mengelola sumber dana dan pengeluaran
d)     Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan
e)      Membuat usulan gaji karyawan
f)       Membayarkan gaji guru dan karyawan
g)      Menerima pembayaran SPP atau sumber lain dari siswa
h)      Menyetor dana SPP atau sumber lain ke bendahara pesantren
III.       WAKA BIDANG HUMAS
a)      Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua / wali
b)      Membina hubungan antar sekolah dengan komite sekolah
c)      Membina pengembangan hubungan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga-lembaga social lainnya
d)     Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala
e)      Melaksanakan tugas-tugas ke luar lembaga
f)       Menjalin hubungan ke luar lembaga sesuai fungsi dan kebutuhan

IV.       WAKA BIDANG KURIKULUM
a)      Menyusun program pengajaran (program tahunan dan semester)
b)      Menyusun kalender pendidikan
c)      Menyusun SK pembagian tugas mengajar guru dan tugas tambahan lainnya
d)     Menyusun jadwal pelajar
e)      Menyusun jadwal penerimaan buku laporan pendidikan (raport) dan penerimaan SKTB
f)       Menyediakan silabus pembelajaran
g)      Menyediakan agenda kelas, agenda piket, surat izin masuk/keluar, agenda guru (yang berisi: jadwal pelajaran, kontrak belajar dengan siswa, absensi siswa, form catatan pertemuan dan materi guru, daftar nilai dan form home visit)
h)      Penyusunan programpembelejaran dan analisis  ketercapaian kurikulum
i)        Menyediakan dan memeriksa daftar hadir guru
j)        Memeriksa program satuan pembelajaran guru
k)      Mengatasi hambatan terhadap pemebelajaran
l)        Mengatur penyediaan kelengkapan sarana guru dalam pemebelajaran (spidol dan isi tintanya, penghapus papan tulis, daftar absensi siswa, daftar nilai siswa, dsb)
m)    Mengkoordinasikan pelaksanaan pemebelajaran, laporan, dan pelaksanaan pemebelajaran
n)      Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran
o)      Menyusun laporan pelaksaan pelajaran secara berkala

V.        WAKA BIDANG SARANA
a)      Menginventarisasi barang
b)      Pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan penunjang pembelajaran
c)      Pendayagunaan sarana dan prasarana (termasuk kartu-kartu pelaksaan pendidikan)
d)     Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan (pengamanan, penghapusan, pengembangan)
e)      Pengelolaan alat-alat penunjang pembelajaran


VI.       WAKA BIDANG KESEJAHTERAAN
a)      Mengumpulkan dan mengelola shadaqoh harian anak
b)      Mengelola dana P3k
c)      Mengumpulkan dan mengelola kas guru
d)     Tahniah dan Ta’ziah guru dan karyawan
e)      Membuat laporan keuangan yang berkaitan dengan kesejahteraan secara berkala

VII.     WAKA BIDANG BIMBINGAN & KONSELING
a.         Menyusun program dan pelaksanaan kegiatan penyeluruhan
b.         Membantu guru dan wali kelas dalam menghadapi kasus anak
c.         Membuat program bimbingan psikologi
d.         Menyusun dan mengarsip data kasus murid (konseling)
e.         Memberikan penjelasan bersama dengan kepala sekolah tentang program dan tujuan bimbingan kepada wali murid
f.          Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar.
g.         Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa dan dengan dinas terkait.
h.         Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait
i.          Mengadakan penilaian pelaksanaan BK
j.          Menyusun laporan secara berkala
k.         Berperan sebagai koordinator Helper / shadow teacher bagi ABK
l.          Berperan sebagai terapis bagi ABK



BUKU BUKU ADMINISTRASI
A . BENDAHARA
1 . Buku Kas harian                                        6 . Buku Inseatif guru
2 . Buku Uang makan                                     7 . Buku Keuangan murid baru
3 . Buku Catatan pembayaran jemputan         8 . Buku Keuangan daftar ulang
4 . Buku Keuangan kegiatan penunjang         9 . Buku Keuangan kegiatan siswa
5 . Buku Keuangan seragam                           10 . Buku Arsip bon
B . TATA USAHA
1. Buku Induk siswa                12. Buku kalender pendidikan
2. Buku Klaper                        13. Buku laporan bulanan
3. Buku Induk guru                 14. Buku mutasi guru
4. Buku surat masuk                15. Buku SK guru
5. Buku surat keluar                16. Buku Perlengkapan santri
6. Buku notula rapat                17. Buku piagam guru
7. Buku undangan rapat          18. Buku Statistik pegawai    
8. Buku data statistik siswa
9. Buku tamu dinas    
10. Buku tamu umum
11. Buku tata tertib guru & karyawan
C. HUMAS
1. Buku  ekspedisi                               5. Buku Keanggotaan guru & karyawan
2. Buku Kepanitiaan kesehatan           6. Buku Notula POMG
3. Buku Organisasi TK                       7. Buku Tamu POMG
4. Buku Organisasi POMG                 8.Buku Perpustakaan
D. BIDANG SARANA
1. Buku Investaris kantor        6. Buku Investaris sarana prasarana umum
2. Buku Investaris dapur         7. BukuInvestarisalat permainan edukatif
3. BukuInvestaris halaman      8. BukuInvestaris serba guna
4. BukuInvestaris kelas           9. Buku penghapusan barang
5. BukuInvestaris gudang       10. Buku denah bangunan
E. BIDANG KESEJAHTERAAN
1. Buku kas guru                                 5. Buku catan beasiswa anak
2. Buku catatan dana P3K                  6. Buku Tahniah dan Ta`ziah
3. Buku sodaqoh anak                        7. Buku kegiatan bakti sosial
4. Buku catatan beasiswa guru
F. BIDANG KURIKULUM
1. Buku program tahunan                                           7. Buku program Classmeeting
2. Buku program semester                                          8. Bukuprogram manasik haji
3. Buku program bulanan                                            9. Bukuprogram Out Bound
4. Buku jadwal supervisi kepala sekolah                    10. Buku ketercapaian kurikulum
5. Buku program kegiatan sentra                                11. Buku prestasi anak
6. Buku program kegiatan khusus ramadhan              12. Buku prestrasi gurur
G. BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Buku catatan konseling
2. Buku catatan ABK
3. Buku observasi helper
4. Buku individual education program

H. ADMINISTRASI KELAS

1. Program semeseter tahunan                                    11.Buku abinlisis hasil evaluasi
2.Program semester                                                     12.Buku bimbingan dan konseling
3.Program bulanan                                                      13.Buku perbaikan dan pengayaan
4.Rencana kegiatan mingguan                                    14.Buku catatan anekdot
5.Rencana kegiatan harian                                          15.Buku kesehatan
6.Buku daftar kelompok                                             16.Buku laventaris kelas
7.Buku absensi siswa                                                  17.Buku tamu kelas
8.Buku mutasi                                                             18.Buku kriteria,ketuntasan, minimal
9.Buku penyerahan rapot                                            19.Grafik bintang
10.Buku penilaian harian,mingguan,   bulanan          20. Grafik ketercapaian kurikulum


BAB IV
       KESIMPULAN
Antara administrasi dan manajemen merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan saling berintegrasi.pada saat berbicara tentang administrasi maka diperlukan manajemen,begipula pada saat berbicara manajemen maka diperlukan administrasi.
Dalam proses pendidikan diperlukan administrasi dan manajemen pendidikan.administrasi yang dimaksudkan adalah proses secara keseluruhanya merupakan hasil kerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan tujuan yang lebih baik.sedangkan manajemen adalah sebuah usaha dalam mengatur dan mengelola baik manajemen sebuah system,proses,fungsi dan manajemen yang lainya.
Dilihat dari tingkatan organisasi manajemen dibagi dalam 3 tingkatan,yaitu manajemen puncak (Top Management) yang bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan organisasi.Manajemen menengah (Middle management) bertanggung jawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan.dan yang terakhir adalah Manajemen bawah/lini (Low management) bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi.
Bidang-bidang administrasi sekurang-kurangnya terdiri dari manajemen perkantoran yaitu bagaimana pekerjaan perkantoran memperlancar terwujudnya tujuan organisasi.manajemen produksi bagaimana produk/jasa memuaskan konsumen dan menguntungkan produsen.manajemen keuangan bertanggung jawab atas keluar masuknya keuangan.manajemen pemasaran berupaya semaksimal mungkin supaya barang/jasa dikenal oleh masyarakat dan disukai.adapun manajemen personalia harus memiliki kecerdasan intrapersonal supaya karyawan nyaman dan dapat bekerja dengan maksimal..manajemen administrasi bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan data dari mulai pengumpulan data sampai menafsirkanya.
Ruang lingkup manajemen pendidikan pada dasarnya bagaimana standar dalam komponen-komponen pendidikan dapat tercapai dengan baik,adapun lingkup yang lainya disesuikan dengan kekhasan,keunggulan sekolah yang bersangkutan.
Tk Persis Tarogong sebagai lembaga pendidikan satuan PAUD formal ,saat ini sudah memiliki kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat dan terakreditasi A oleh badan akreditasi nasional sekolah dan madrasah .salah satu faktor keberhasilan tersebut adalah selalu melakukan perbaikan yang terus menerus dalam administrasi dan manajemen pendidikan guna tercapainya visi sekolah sebagai model taman bermain Islami dan lembaga pendidikan unggulan.

Daftar Pustaka
Dr. Badrudin, 2013, Dasar-dasar manajemen, Bandung, Alfa Beta
Drs. H. Oka A Yoeti, 2003, Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Perca
DR. Ahmad Tafsir, 2005, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung, PT Remaja Rosda Karya Offset
Persistri, 2010, Petunjuk Pelaksanaan Dan Petunjuk Teknis, Bandung
Prof. DR. Hasan Langulung, 2000, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta, Radar Jaya Offset

0 komentar: