BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan persoalan
penting bagi seluruh manusia.pendidikan selalu menjadi tumpuan harapan untuk mengembangkan
individu dan masyarakat.pendidikan menjadi alat memajukan peradaban,mengembangkan
masyarakat,dan membina manusia supaya menjadi ummat yang bermanfaat bagi yang
lainya.
Menurut Hasan Langgulung (200;1)
pendidikan bisa ditinjau dari dua segi.pertama dari sudut pandang masyarakat
dan dari segi pandangan individu.dari sudut pandangan masyarakat pendidikan
berarti pewarisan kebudayaan dari generasi tua ke generasi muda.dilihat dari
kaca mata individu pendidikan berarti pengembangan potensi dan bakat individu.
Dalam pandangan Islam pendidikan
berorientasi pada terwujudnya manusia sebagai rahmat bagi seluruh alam.(al
Anbiya :107).manusia sebagai rahmatan lil alamin merpakan tujuan pendidikan.maka
untuk mencapai tujuan tersebut perlu pengaturan/manajemen dan administrasi
sehingga pendidikan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
”Administrasi yang baik adalah salah
satu syrarat utama pendidikan yang baik” (hasan langgulung ;229) .Munif Chatib
(2011;35) berpendapat senada bahwa manajemen marupakan jantungnya sekolah.dalam
hal ini sekolah sebagai lembaga formal pendidikan
Manajemen lahir sejak manusia ada di
dunia ini.adapun manajemen ilmiah lahir pada abad ke 20 di eropa barat dan
amerika ketika terjadinya revolusi industrI dimana terjadi perubahan-perubahan pengelolaandan
produksi yang efektif dan efesien.
Menurut Oka A Yoeti (2003;5) tingkatan manajemen terdiri dari
tiga,yaitu manajer puncak,manajer menengah dan manajer lini .
Adapun bidang garapan manajemen meliputi manajemen perkantoran,manajemen
produksi,manajemen keuangan,manajemen pemasaran,manajemen personalia ,dan
manajemen administrasi/akutansi.
Manajemen pendidikan ini memiliki
ruang lingkup manajemen kurikulum,ketenagaan pendidikan,peserta didik,sarana
dan prasarana,keuangan,administrasi perkantoran,unit-unit penunjang
pendidikan,manajemen layanan khusus,tata lingkungan sekolah dan manajemen
hubungan dengan masyarakat.
B.RUMUSAN MASALAH
1.Sejauh mana pentingnya administrasi dan manajemen pendidikan Islam?
2.Apa saja tingkatan-tingkatan dalam manajemen ?
3.Apa saja bidang garapan administrasi dan manajemen pendidikan Islam?
4.Apa saja ruang lingkup administrasi dan manajemen pendidikan Islam?
5.Bagaimana implementasi konsep dasar manajemen pendidikan Islam di
Tk Persis Tarogong?
BAB II
KAJIAN TEORI
A.
Urgensi administrasi dan manajemen pendidikan Islam
Pendidikan berperan penting dalam mencerdaskan
bangsa,kecerdasan manusia sangat beragam (Multiple intelligenses) dan semua dapat dikembangkan melalui
pendidikan. Menurut ahmad Tafsir (2005;46) pendidikan Islam mempunyai tujuan
yang jelasyaitu manusia yang mampu merelisasikan tujuan hidupnya yaitu semua
kehidupanya untuk ibadah sebagaimana firman Alah dalam surat al-Dzariyat ayat
56 yang artinya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk
ibadah”.
Menurut Al-Syaibani seperti yang
dikutif ahmad tafsir (2005;49) untuk
keperluan pelaksanaan pendidikan,tujuan itu harus dirinci menjadi tujuan yang
khusus,bahkan sampai pada tujuan yang oprasional yaitu :
1.
Tujuan yang menyangkut individu yang mencakup perubahan
pengetahuan,tingkah laku,jasmani dan rohani untuk hidup di dunia dan akhirat
2.
Tujuan yang berkaitan dengan masyarakat,mencakup tingkah laku
individu di masyarakat,kehidupan dan pengalaman masyarakat,
3.
Tujuan professional,berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran
sebagai ilmu,seni,profesi,dan sebagai kegiatan masyarakat.
Untuk melancarkan terwujudnya penddikan sesuai tujuan pendidikan
itu sendidri perlu pengaturan/manajemen yang baik sehingga memudahkan dan
melancarkan pendidikan yang sesuai harapan.manajemen yang baik adalah syarat utama
pendidikan yang baik .artinya manajemen dan administrasi pendidikan memegang peranan
yang sangat penting (langgulung;230)
Aspek-aspek penting itu adalah:
1.
Memperbaiki kinerja
2.
Menciptakan iklim yang baik hubungan kemanusiaan
3.
mempermudah merealisasikan teori dan meningkatkan kualitas proses
4.
menyatukan pendidikan dengan masyarakat yang mendorong masyarakat
ka arah kemajuan,perkembangan dan kestabil
B. Tingkatan –tingkatan manajemen
1.Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer pada tingkat ini mempunyai
keahlian sebagai konseptor,artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep
untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer di bawahnya.Manajer ini bertanggung
jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen
keseluruhan dari organisasi
2.Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajer tingkat ini bertanggung
jawab dalam melaksanakan rencana dan memastikan tercaainya tujuan .mereka harus
memiliki kecerdasan interpersonal (cerdas bergaul) ,artinya memiliki keahlian
berkomunikasi,bekerjasama dan memotivasi orang lain.
3.Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Pada tingkatan ini manajer
bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang teleh ditetapkan manajer
yang berada di atasnya.pada tingkatan ini ditntut memiliki keahlian
teknis,yaitu kahlian yang mencakup prosedur,teknik,pengetahuan dan keahlian
dalam bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
Menurut Robert L Katz setiap manajermembutuhkan setidaknya 3
keterampilan sebagai berikut
1.Keterampilan konseptual (Conceptual skill)
Keterampilan membuat konsep,ide dan
gagasan demi kemajuan organisasi.gagasan atau ide tersebut haruslah dijabarkan
menjadi rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu.proses
penjabaran ide menjadi suatu rencana
kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau
planning.oleh karena itu keterampilan konseptual juga merupakan keterampilan
membuat rencana kerja.
2.Keterampilan berhubungan dengan orang lain (Humanity skill)
Selain kemampuan konseptual,manajer juga perlu dilengkapi dengan
keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang
lain.komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh seorang manajer
terhadap bawahan yang dipimpinya.dengan komunikasi yang persuasif,bersahabat
dan kebapaan akan membuat karyawan merasa dihargai dan mereka akan
terbuka.keterampilan berkomunikasi ini harus dimiliki oleh manajer pada tingkat
manapun.
3.Keterampilan teknis (echnical skill)
Keteramilan ini merupakan bekal bagi
manajer tingkat yang lebih rendah.keterampilan teknis ini merupakan kemampuan
untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu,misalnya menggunakan program
computer,memperbaiki mesin,akutansi dan lain-lain.
Selain tiga keterampilan dasar di atas,Ricky W Griffin menambahkan
dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer ,yaitu:
1.Keterampilan manajemen waktu
Suatu keterampilan bagaimana seorang
manajer dapat menggunakan waktu secara bijaksana.waktu yang mereka miiki
merupakan asset yang berharga,dan menyia-nyiakanya berarti membuang dana dan
mengurangi produktivitas perusahaan.
2.Keterampilan membuat keputusan
Merupakan ketrempilan untuk
mendefinisikan masalah dan menentukan
cara terbaik dalam memecahkanya.kemampuan membuat keputusan adalah yang paling
utama bagi seorang manajer,terutama bagi top manager.Griffin mengajukan tiga
langkah dalam membuat keputusan.pertama, mendefinisikan masalah dan mencari alternatif pemecahanya.kedua,mengevaluasi
alternatif dan memilih alternative terbaik.dan ketiga,mengimplementasikan
alternative yang dipilih serta mengawasi dan mengevaluasi agar tetap di jalur
yang benar.
C.Bidang-Bidang Administrasi
Dan Manajemen Pendidikan Islam
Dalam organisasi atau badan usaha
menurut Badruddin (2013;22) bidang-bidang administrasi dan manajemen terdiri
dari:
1.
Manajemen perkantoran (office Management)
Yaitu rangkaian aktivitas merencanakan,mengorganisasi,mengarahkan,mengawasi
dan mengendalikan sampai menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan.sasaran
yang terkena rangkaian aktivitas tersebut meliputi mengetik(Typing),menghitng
(calculating),menyimpan warkat/arsip(filing),menelpon (telephoning),dan
mengirim surat (mailing).
2.
Manajemen produksi (Production Management)
Kegiatan dalam mengatur dan
mengkoodinasikan penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efesien
demi menciptakan serta menambah kegunaan suatu barang/jasa.
Hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen produksi adalah :
a)
Pemilihan dan desain produk termasuk dalam pemilihan proses
produksi
b)
Persediaan agar permintaan konsumen tetap dapat dilayani
c)
Pengendalian mutu supaya kualitas produk memuaskan pelanggan
d)
Pembaharuan (innovating)
3. Manajemen Keuangan (Financial Management)
Manajemen ini berhubungan dengan tanggung jawab pegumpulan,penggunaan,maupun
pengelolaan dana perusahaan/organisasi secara efesien.
Manajemen keuangan mempunyai fungsi utama yaitu:
a.Raising of fund (penggalian dana)
b.Allocation of fund ( penyusunan anggaran pengeluaran)
c.Controlling of fund ( pengawasan penggunaan keuangan)
4.
Manajemen Pemasaran (Marketing management)
Pengaturan proses
perencanaan,pelaksanaan penetapan konsep produk,penetaan hargapromosi dan
pendistribusian gagasan,barang/jasa yang memungkinkan terjadinya pertukaran
untuk memenuhi tujuan individu/organisasi.
Ada 4 hal keberhasilan pemasaran, yaitu :
a.Produk(Product) yaitu sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen
berupa barang/jasa
b.Harga (Price) yaitu kompensasi untuk memdapatkan barang/jasa
c.Tempat (Place) yaitu saluran distribusi sehingga produk samapai
pada konsumen
d.Promosi (Promotion) yaitu kegiatan aktif untuk menarik
konsumen membeli produk yang dipasarkan
5.
Manajemen Personalia/Sumber Daya manusia (Human Resources
Management)
Kegiatan
merencanakan,mengarahkan,dan mengkoordinasikan semua pekerjaan menyangkut
pegawai, mencari pegawai,melatih/mengorganisasi dan melayani mereka.
6.
Manajemen Administrasi/Akutansi (Accounting management)
Adalah cara mengajukan informasi
mengenai administrasi/akutansi sehingga membantu manajemen dalam menentukan
garis kebijakan dan operasional dari suatu usaha
Tahapan Manajemen Administrasi/Akutansi adalah :
a.Pengumpulan data-data yang dikumpulkan dapat berbentuk data
harian,mingguan dan bulanan.
b.Pencatatan data;data dicacat secara sistematis,berurutan dan
terperinci.
c.Pengelompokan data;data dikelompokan sesuai dengan kebutuhan
d.Pelaporan ;dilakukan secara periodik,laporan tersebut dapat
dibandingkan untuk mengetahui kemajuan atau kemunduran lembaga
e.Penafsiran data;Penafsiran ini berguna untuk menganalisa periode
sebelumnya atau membandingkan dengan lembaga lain.
D.Ruang Lingkup Administrasi dan Manajemen Pendidikan Islam
Ruang lingkup administrasi dan manajemen pendididkan dapat
dijelaskan sebagai berikut:
1.Manajemen Kurikulum
Meliputi
perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan pembelajaran,waktu
yang tersedia,jumlah pendidik,pembagian jam pelejaran,jumlah
kelas,penjadwalan,buku-buku yang dibutuhkan,program semester,program
tahunan,evaluasi,kalender pendidikan,perubahan kurikulum maupun inovasi-inovasi
dalam pengembangan kurikulum.
2.Manajemen Tenaga Kependidikan
Perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,pengawasan
dan evaluasi kegiatan penerimaan pegawai,mutasi,surat keputusan,surat
tugas,berkas-berkas tenaga kependidikan,daftar umum tenaga kependididkan, upaya
peningkatan sdm serta kinerja pegawai dan sebagainya
3.Manajemen Peserta Didik
Meliputi
perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi penerimaan siswa baru,
penemapatan kelas, kegiatan kesiswaan, motivasidan kegitan peningkatan kualitas
lulusan.
4.Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan
dan evaluasi pengadaan barang,pembagian dan penggunaan barang, perbaikan maupun
penghapusan barang
5. Manajemen keuangan/pembiayaan pendidikan;
Meliputi perencanaan pelaksanaan,pengawasan
dan evaluasi masuk dan keluarnya dana,usaha menggali sumber danaserta
penggunaan dana secara efektif
6.Manajemen perkantoran
Meliputi
perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan kantor agar memberikan
pelayanan yang terbaik kepada semuaorang yang membutuhkan serta berhubungan
dengan lembaga
7.Manajemen unit-unit Penunjang Pendidikan
Meliputi
perencanaan,pelaksanaan,pengawasan, dan evaluasi unit-unit penunjang sepertibimbingan
dan konseling,UKS,Pramuka, olah raga,kesenian dan sebagainya.
8.Mnajemen layanan Khusus
Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan
dan evaluasi pelayanan khusus seperti,layanan antar jemput,menu konsumsi,helper
dan lain sebainya
9.Manajemen tata lingkungan dan keamanan sekolah
Meliputi perencanan,pelaksanaan,
pengawasan dan evaluasi tata ruang pertamanan,kebersihan dan
ketertiban,keamanan dan kenyamanan lingkungan sekolah.
10.Manajemen Hubungan dengan Masyarakat
Meliputi
perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi kegiatan hubungan masyarakat
seperti baksos,hasil kerja sama,program-program humas dan sebagainy
BAB III
IMPLEMENTASI KONSEP DASAR MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI DI TK PERSIS
TAROGONG GARUT
A.
Profil Sekolah
Tk PersisTarogong Garut berdiri tahun 1992 di atastanah wakaf seluas
5000m2.yang beralamat di jalan terusan pembangunan no 4 tarogong Garut.secara
struktur berada dibawah pc persistri Tarogong Kidul sebagai
penyelenggara,adapun secara administrasi berada di bawah manajemen pesantren
persis Tarogong Garut.
TK persis Tarogong memiliki 12 ruang kelas,yang dilengkapi denganperpustakaan,ruang
serbaguna,poliklinik,Gedung olah raga,mesjid,area bermain,,12 kamar
mandi/WC,dapur , mobil jemputan dan lain sebagainya.
Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2013-2014 ini berjumlah
430 anak yang terdiri dari 5 kelas kelompok A dan 7 kelas kelompok B dengan 44
orang pendidik dibantu 16 orang tenaga kependidikan.
Visi :
Terwujudnya TK sebagai model taman bermain Islami dan lembaga pendidikan
unggulan
Misi:
Menumbuhkembangkan generasi penerus yang berakhlak terpuji,mengenal nilai-nilai
Islam,pengetahuan dan teknologi
Tujuan:
1.Terbinanya putra putri
muslim yang beriman dan berakhlakul karimah
2.Mempunyai kemampuan dasar membaca Al Quran dan ibadah harian
3.Hafal beberapa surat Al Quran, hadits dan hikam yang dipilih
4.Terbinanya potensi psikis dan fisik untuk siap memasuki
pendidikan dasar
Motto:Suritauladan
dan kasih sayang bersama penumbuh kembang tunas bangsa
STRUKTUR ORGANISASI
TK PERSIS TAROGONG GARUT
PC PERSISTRI
|
PIMPINAN PESANTREN
|
KEPALA SEKOLAH
|
HUMAS
|
BIDANG KESRA
|
BIDANG SARANA
|
BIDANG KURIKULUM
|
BIMBINGAN DAN KONSELING
|
TU & BENDAHARA
|
PESERTA DIDIK
|
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
TUGAS POKOK, FUNGSI, DAN WEWENANG STRUKTUR
TK PERSIS TAROGONG GARUT
PENYELENGGARA
(PC PERSISTRI)
1.Terhadap
Sekolah/Lembaga
a)
Mengajukan ijin operasional penyelenggaraan PAUD Persis ke PP
Persistri dan pemerintah terkait
b)
Memberi tuntunan untuk kemajuan PAUD Persis
c)
Melengkapi/menyempurnakan gedung dan alat-alat pendidikan yang
tidak dapat diusahakan oleh pengelola
d)
Bertanggung jawab atas pembiayaan sekolah
2.Terhadap
pengelola
a)
Mengajukan penetapan mudiroh/kepala sekolah ke PP Persistri
b)
Menetapkan pengangkatan asatidzah
dan karyawan atas pengajuan mudiroh/kepala sekolah
c)
Memperhatikan kesejahteraan asatidzah dan karyawan
d)
Menetapkan rotibah/kenaikan berkala,hadiah lebaran/hari raya,cindra
mata dll,berdasarkan musyawarah penetapan RAPBS
e)
mengisi kekosongan asatidzah
bila diperlukan dan mampu
f)
Mengawasi dan membantu kelancaran
pendidikan.
g)
mendampingi [engelola dalam
pelaksanaan administrasi.
h)
Kerja sama dengan astidzah
mempromosikan PAUD Persis
3.
Terhadap wali murid/masyarakat.
a)
Mengadakan silaturahim dengan wali murid min 2x setahun.
b)
Menjalin hubungan dengan PAUD lainnya.
c)
Mempromosikan PAUD persis kepada masyarakat.
4.
Terhadap Pemerintah
a)
Memelihara hubungan baik dan bekerja sama dengan pemerintah.
b)
Mengajukan permohonan bantuan yang tidak mengikat kepada
pemerintah.
I. KEPALA SEKOLAH
A. Kepala sekolah selaku PIMPINAN,
mempunyai tugas:
a)
Menyusun perencanaan
b)
Mengorganisir kegiatan
c)
Mengarahkan kegiatan
d)
Mengkoordinir kegiatan
e)
Melaksanakan pengawasan
f)
Melakukan evaluasi setiap kegiatan
g)
Menentukan kebijaksanaan
h)
Mengadakan rapat
i)
Mengambil keputusan
j)
Mengatur proses belajar mengajar
k)
Mengatur administrasi:
·
Kantor
·
Siswa
·
Pegawai
·
Perlengkapan
·
Keuangan
·
Hubungan masyarakat
B. Kepala sekolah selaku ADMINISTRATOR,
mempunyai tugas:
a)
Pengorganisasian
b)
Pengarahan
c)
Pengkoordinasian
d)
Pengawasan
e)
Kurikulum
f)
Kesiswaan
g)
Perkantoran ,meliputi :
ü Kepegawaian
ü Perlengkapan
ü Keuangan
ü Perpustakaan
C. Kepala sekolah sebagai SUPERVISOR,
mempunyai tugas supervisi terhadap:
a)
Kegiatan belajar mengajar
b)
Kegiatan bimbingan dan penyuluhan
c)
Kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler
d)
Kegiatan ketatausahaan
e)
Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha
II. TATA USAHA-BENDAHARA
a)
Menyusun RAPBS setiap awal tahun
b)
Membuat perencanaan anggaran bulanan dan tahunan
c)
Mengelola sumber dana dan pengeluaran
d)
Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan
e)
Membuat usulan gaji karyawan
f)
Membayarkan gaji guru dan karyawan
g)
Menerima pembayaran SPP atau sumber lain dari siswa
h)
Menyetor dana SPP atau sumber lain ke bendahara pesantren
III. WAKA BIDANG HUMAS
a)
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua /
wali
b)
Membina hubungan antar sekolah dengan komite sekolah
c)
Membina pengembangan hubungan antar sekolah dengan lembaga
pemerintah, dunia usaha dan lembaga-lembaga social lainnya
d)
Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala
e)
Melaksanakan tugas-tugas ke luar lembaga
f)
Menjalin hubungan ke luar lembaga sesuai fungsi dan kebutuhan
IV. WAKA BIDANG KURIKULUM
a)
Menyusun program pengajaran (program tahunan dan semester)
b)
Menyusun kalender pendidikan
c)
Menyusun SK pembagian tugas mengajar guru dan tugas tambahan lainnya
d)
Menyusun jadwal pelajar
e)
Menyusun jadwal penerimaan buku laporan pendidikan (raport) dan
penerimaan SKTB
f)
Menyediakan silabus pembelajaran
g)
Menyediakan agenda kelas, agenda piket, surat izin masuk/keluar,
agenda guru (yang berisi: jadwal pelajaran, kontrak belajar dengan siswa,
absensi siswa, form catatan pertemuan dan materi guru, daftar nilai dan form
home visit)
h)
Penyusunan programpembelejaran dan analisis ketercapaian kurikulum
i)
Menyediakan dan memeriksa daftar hadir guru
j)
Memeriksa program satuan pembelajaran guru
k)
Mengatasi hambatan terhadap pemebelajaran
l)
Mengatur penyediaan kelengkapan sarana guru dalam pemebelajaran
(spidol dan isi tintanya, penghapus papan tulis, daftar absensi siswa, daftar
nilai siswa, dsb)
m)
Mengkoordinasikan pelaksanaan pemebelajaran, laporan, dan
pelaksanaan pemebelajaran
n)
Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran
o)
Menyusun laporan pelaksaan pelajaran secara berkala
V. WAKA BIDANG SARANA
a)
Menginventarisasi barang
b)
Pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan penunjang
pembelajaran
c)
Pendayagunaan sarana dan prasarana (termasuk kartu-kartu pelaksaan
pendidikan)
d)
Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan (pengamanan,
penghapusan, pengembangan)
e)
Pengelolaan alat-alat penunjang pembelajaran
VI. WAKA BIDANG KESEJAHTERAAN
a)
Mengumpulkan dan mengelola shadaqoh harian anak
b)
Mengelola dana P3k
c)
Mengumpulkan dan mengelola kas guru
d)
Tahniah dan Ta’ziah guru dan karyawan
e)
Membuat laporan keuangan yang berkaitan dengan kesejahteraan secara
berkala
VII. WAKA BIDANG BIMBINGAN & KONSELING
a. Menyusun program dan pelaksanaan
kegiatan penyeluruhan
b. Membantu guru dan wali kelas dalam
menghadapi kasus anak
c. Membuat program bimbingan psikologi
d. Menyusun dan mengarsip data kasus murid
(konseling)
e. Memberikan penjelasan bersama dengan
kepala sekolah tentang program dan tujuan bimbingan kepada wali murid
f. Koordinasi dengan wali kelas dalam
rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar.
g. Melaksanakan koordinasi dengan wali
kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan
siswa dan dengan dinas terkait.
h. Melaksanakan koordinasi dengan instansi
terkait
i. Mengadakan penilaian pelaksanaan BK
j. Menyusun laporan secara berkala
k. Berperan sebagai koordinator Helper /
shadow teacher bagi ABK
l. Berperan sebagai terapis bagi ABK
BUKU BUKU ADMINISTRASI
A . BENDAHARA
1 . Buku Kas harian 6
. Buku Inseatif guru
2 . Buku Uang makan 7
. Buku Keuangan murid baru
3 . Buku Catatan pembayaran jemputan 8 . Buku Keuangan daftar ulang
4 . Buku Keuangan kegiatan penunjang 9 . Buku Keuangan kegiatan siswa
5 . Buku Keuangan seragam 10
. Buku Arsip bon
B . TATA USAHA
1. Buku Induk siswa 12.
Buku kalender pendidikan
2. Buku Klaper 13.
Buku laporan bulanan
3. Buku Induk guru 14.
Buku mutasi guru
4. Buku surat masuk 15.
Buku SK guru
5. Buku surat keluar 16. Buku Perlengkapan santri
6. Buku notula rapat 17.
Buku piagam guru
7. Buku undangan rapat 18.
Buku Statistik pegawai
8. Buku data statistik siswa
9. Buku tamu dinas
10. Buku tamu umum
11. Buku tata tertib guru & karyawan
C. HUMAS
1. Buku ekspedisi 5. Buku
Keanggotaan guru & karyawan
2. Buku Kepanitiaan kesehatan 6.
Buku Notula POMG
3. Buku Organisasi TK 7.
Buku Tamu POMG
4. Buku Organisasi POMG 8.Buku
Perpustakaan
D. BIDANG SARANA
1. Buku Investaris kantor 6.
Buku Investaris sarana prasarana umum
2. Buku Investaris dapur 7.
BukuInvestarisalat permainan edukatif
3. BukuInvestaris halaman 8.
BukuInvestaris serba guna
4. BukuInvestaris kelas 9.
Buku penghapusan barang
5. BukuInvestaris gudang 10.
Buku denah bangunan
E. BIDANG KESEJAHTERAAN
1. Buku kas guru 5.
Buku catan beasiswa anak
2. Buku catatan dana P3K 6.
Buku Tahniah dan Ta`ziah
3. Buku sodaqoh anak 7.
Buku kegiatan bakti sosial
4. Buku catatan beasiswa guru
F. BIDANG KURIKULUM
1. Buku program tahunan 7.
Buku program Classmeeting
2. Buku program semester 8.
Bukuprogram manasik haji
3. Buku program bulanan 9.
Bukuprogram Out Bound
4. Buku jadwal supervisi kepala sekolah 10. Buku ketercapaian kurikulum
5. Buku program kegiatan sentra 11.
Buku prestasi anak
6. Buku program kegiatan khusus ramadhan 12. Buku prestrasi gurur
G. BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Buku catatan konseling
2. Buku catatan ABK
3. Buku observasi helper
4. Buku individual education program
H. ADMINISTRASI KELAS
1. Program semeseter tahunan 11.Buku abinlisis hasil evaluasi
2.Program semester 12.Buku bimbingan dan konseling
3.Program bulanan 13.Buku perbaikan dan pengayaan
4.Rencana kegiatan mingguan 14.Buku
catatan anekdot
5.Rencana kegiatan harian 15.Buku
kesehatan
6.Buku daftar kelompok 16.Buku
laventaris kelas
7.Buku absensi siswa 17.Buku tamu kelas
8.Buku mutasi 18.Buku
kriteria,ketuntasan, minimal
9.Buku penyerahan rapot 19.Grafik
bintang
10.Buku penilaian harian,mingguan, bulanan 20. Grafik ketercapaian kurikulum
BAB IV
KESIMPULAN
Antara administrasi dan manajemen merupakan satu kesatuan yang tak
dapat dipisahkan dan saling berintegrasi.pada saat berbicara tentang
administrasi maka diperlukan manajemen,begipula pada saat berbicara manajemen
maka diperlukan administrasi.
Dalam proses pendidikan diperlukan administrasi dan manajemen
pendidikan.administrasi yang dimaksudkan adalah proses secara keseluruhanya
merupakan hasil kerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan tujuan
yang lebih baik.sedangkan manajemen adalah sebuah usaha dalam mengatur dan
mengelola baik manajemen sebuah system,proses,fungsi dan manajemen yang lainya.
Dilihat dari tingkatan organisasi manajemen dibagi dalam 3
tingkatan,yaitu manajemen puncak (Top Management) yang bertanggung jawab atas
pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan
organisasi.Manajemen menengah (Middle management) bertanggung jawab
melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan.dan yang terakhir
adalah Manajemen bawah/lini (Low management) bertanggung jawab menyelesaikan
rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi.
Bidang-bidang administrasi sekurang-kurangnya terdiri dari
manajemen perkantoran yaitu bagaimana pekerjaan perkantoran memperlancar
terwujudnya tujuan organisasi.manajemen produksi bagaimana produk/jasa
memuaskan konsumen dan menguntungkan produsen.manajemen keuangan bertanggung
jawab atas keluar masuknya keuangan.manajemen pemasaran berupaya semaksimal
mungkin supaya barang/jasa dikenal oleh masyarakat dan disukai.adapun manajemen
personalia harus memiliki kecerdasan intrapersonal supaya karyawan nyaman dan
dapat bekerja dengan maksimal..manajemen administrasi bertanggung jawab atas
segala sesuatu yang berkaitan dengan data dari mulai pengumpulan data sampai
menafsirkanya.
Ruang lingkup manajemen pendidikan pada dasarnya bagaimana standar
dalam komponen-komponen pendidikan dapat tercapai dengan baik,adapun lingkup
yang lainya disesuikan dengan kekhasan,keunggulan sekolah yang bersangkutan.
Tk Persis Tarogong sebagai lembaga pendidikan satuan PAUD formal
,saat ini sudah memiliki kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat dan
terakreditasi A oleh badan akreditasi nasional sekolah dan madrasah .salah satu
faktor keberhasilan tersebut adalah selalu melakukan perbaikan yang terus
menerus dalam administrasi dan manajemen pendidikan guna tercapainya visi
sekolah sebagai model taman bermain Islami dan lembaga pendidikan unggulan.
Daftar Pustaka
Dr. Badrudin, 2013, Dasar-dasar manajemen, Bandung, Alfa Beta
Drs. H. Oka A Yoeti, 2003, Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Perca
DR. Ahmad Tafsir, 2005, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,
Bandung, PT Remaja Rosda Karya Offset
Persistri, 2010, Petunjuk Pelaksanaan Dan Petunjuk Teknis, Bandung
Prof. DR. Hasan Langulung, 2000, Asas-asas Pendidikan Islam,
Jakarta, Radar Jaya Offset
0 komentar:
Posting Komentar