APA ITU MANAJEMEN PUBLIK..?
1.Public management is an interdisciplinary study of generic aspects
of organization. It is a blend of the planning, organizing, and controlling
functions of management with the management of human, financial, physical, information
and political resources.( Overman (1984:1) noted
Secara mendasar dapat diartikan, manajemen publik merupakan penelitian
interdisipliner aspek generik organisasi. Merupakan perpaduan dari perencanaan,
pengorganisasian, dan pengendalian fungsi manajemen dengan manajemen sumber
daya manusia, keuangan, informasi fisik, dan sumber daya politik.
Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa manajemen publik merupakan
sebuah kinerja kompleks dari aktornya yaitu pemerintah dan seluruh pegawainya
untuk melayani publik dengan sebaik-baiknya dan publik merasa terpenuhi semua
keinginannya dengan baguya kinerja atau pengaturan dari dalam organisasi publik
itu sendiri. Pengaturannya yang bukanlah murni untuk sekedar mencapai profit
organisasi melainkan melayani konsumen yang berupa masyarakat sehingga harus
memperhatikan manajemen semua aspek yang menjadi penunjang kinerja organisasi.
2. Management in the public is therefore a process, subject to
challenge and debate. The model of management in the public domain has to
accept and meet the requirement of public accountability. [1]
Manajemen dalam masyarakat suatu proses, oleh karena itu
merupakan subjek untuk menantang dan
debat. Model manajemen dalam domain publik harus menerima dan memenuhi
persyaratan akuntabilitas publik.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa manajemen publik merupakan media
ataupun actor penentu yang memiliki peran dalam setiap permasalahan social dan
hal tersebut dilakukan dengan bentuk wacana atau debat dan melakukan perbaikan
serta melaksanakan setiap amanah rakyat sebgai bentuk akuntabilitas kepada
rakyat.
Peran seperti ini sangat terlihat pada pemerintah dan setiap aktor
pembuat kebijakan dan pengatur setiap masalah dan pengaturan sosial.
3. Public management does include administration, but also involves
organisation to achieve objectives with maximum efficiency, as well as genuine
responsibility for results.[2]
Manajemen publik. tidak termasuk administrasi, tetapi juga melibatkan
organisasi untuk mencapai tujuan dengan efisiensi maksimum, serta tanggung
jawab asli untuk hasil.
Dalam hal ini Owen mengatakan bahwa manajemen publik tidak termasuk di
dalamnya administrasi, namun menggunakan atau melibatkan organisasi sebagai
actor atau badan dalam pengaturan sehingga dalam pelaksanaan tugas guna mencapai tujuan bisa
dengan maksimal dan memenuhi tanggung jawab yang diberikan.
Penekanan dalam pengertian ini bahwa manajemen publik murni sebuah
pengaturan dan bukan sebagai system administrasi, namun dalam pelaksnaannya
menggunakan organisasi sebagai bentuk keteraturan.
4. Manajemen publik bukan
“policy analisis”, bukan juga administrasi publik, atau kerangka yang lebih
baru. (Keban. Hal. 85)
Dalam pengertian ini lebih memfokuskan dari manajemen publik, dan
mengatakan bahwa adanya perbedaan dari administrasi publik dengan manajemen
publik atau policy analysis, manajemen benar-benar sebagai sebuah pengaturan
yang berhubungan dengan permasalahan social atau menunjang kinerja aktor dari
pemerintah dalam bentuk penataan organisasi.
5. Fokus manajemen publik adalah strategi yang berkaitan dengan
lingkungan eksternal dan misi & tujuan organisasi. Manajemen tidak hanya
terjadi dalam konteks pemerintahan. (Bozeman & Straussman)[3]
Untuk pengertian di atas cukup jelas menerangkan akan bagaimana bentuk
focus dan lokus manajemen publik, dimana focus manajemen publik adalah strategi
yang diciptakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan eksternal
dan internal organisasi. Dan juga dikatakan bahwa manajemen itu tidak hanya
terjadi dalam konteks pemerintahan, sehingga dapat juga dikatakan bahwa
organisasi apapun yang mengurusi dan melayani publik adalah organisasi publik
dan harus menggunakan konsep pelayanan publik atau manajemen publik.
[1] Mc Kevitt, David and Lawton, Alan. Publik Sector Management : Theory, Critique, and
Practice. 1994. Sage Publikations, Cromwell Press;Great Britain. Hal. 57.
[2] Owen E. Hughes. Publik
Management and Administration; and Introduction.United States of America,1994,
by Scholarly and Reference division, ST. MARTIN’S PRESS, INC; New York.
[3] Hughes, Owen E. 1994. Publik Management and Administration. New
York : ST. Martin’s press.INC
DAFTAR PUSTAKA
Hughes, Owen E. 1994. Publik Management and Administration. New York :
ST. Martin’s press.INC.
Keban.T Yeremias, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, 2004,
Gava Media; Yogyakarta.
Mc Kevitt, David and Lawton, Alan. Publik Sector Management : Theory, Critique, and
Practice. 1994. Sage Publikations, Cromwell Press;Great Britain.
Owen E. Hughes, Publik Management and Administration; and Introduction
Owen E. Hughes.1994. by Scholarly and Reference division, ST. MARTIN’S PRESS,
INC; New York.
Shafritz J.M., Ott J.S, dan A.C. Hyde, Publik Management: The
Essential Reading. 1991. Il: Lyceum Books/ Nelson-Hall Publisher; Chicago.
Merupakan tugas dari mata kuliah Manajemen Publik, dengan dosen
pengampu bu Ambar Teguh Sulistiyani,,
Jurusan Administrasi Negara atau Manajemen dan Kebijkan Publik,
Fakultas Isipol, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
By Arif “ARSV” Rahman Hakim
0 komentar:
Posting Komentar