DASAR
KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI
KEAHLIAN :
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (070)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (070)
STANDAR
KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1.
Merakit
personal computer
1.1
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan
instalasi komponen PC
1.3
Melakukan
keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4
Mengatur
komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen
sistem operasi).
1.5
Menyambung
periferal menggunakan Software
1.6
Memeriksa
hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
2.
Melakukan
instalasi sistem operasi dasar
2.1
Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi
2.2
Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
2.3
Mengecek
hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4
Melakukan
troubleshooting.
3.
Menerapkan
Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1
Mendeskripsikan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2
Melaksanakan
prosedur K3
3.3
Menerapkan
konsep lingkungan hidup
3.4
Menerapkan
ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
B.
KOMPETENSI
KEJURUAN
Rekayasa
Perangkat Lunak (070)
STANDAR
KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menerapkan teknik elektronika analog
dan digital dasar
1.1
Menerapkan
teori kelistrikan
1.2
Mengenal
komponen elektronika
1.3
Menggunakan
komponen elektronika
1.4
Menerapkan
konsep elektronika digital
1.5
Menerapkan
sistem bilangan digital
1.6
Menerapkan
elektronika digital untuk komputer.
2. Menerapkan algoritma pemrograman
tingkat dasar
2.1 Menjelaskan struktur algoritma
2.2 Membuat alur logika pemrograman
2.3 Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4 Membuat diagram alir pemrograman
2.5 Menjelaskan varian dan invariant
2.6 Menerapkan pengelolaan array.
3. Menerapkan algoritma pemrograman
tingkat lanjut
3.1 Menjelaskan prinsip array multi
dimensi
3.2 Mengunakan array multi dimensi
3.3 Menggunakan prosedur dan fungsi
3.4 Menggunakan library pemrograman
grafik.
4. Membuat basis data
4.1 Mengidentifikasi struktur hirarki
basis data
4.2 Menjelaskan Entity Relationship
Diagram (ERD)
4.3 Menerapkan normalisasi basis data
4.4 Membuat database management system
(DBMS).
5. Menerapkan aplikasi basis data
5.1 Menjelaskan jenis perintah SQL
5.2 Membuat table basis data
5.3 Menerapkan query pada basis data
5.4 Membuat form basis data
5.5 Menerapkan macro pada basis data
5.6 Membuat report.
6. Memahami pemrograman visual berbasis
desktop
6.1 Menjelaskan IDE aplikasi bahasa
pemograman
6.2 Menjelaskan objek aplikasi bahasa
pemograman
6.3 Menjelaskan user interface aplikasi
bahasa pemograman
6.4 Menjelaskan tipe file
6.5 Menjalankan aplikasi.
7. Membuat paket software aplikasi
berbasis desktop
7.1 Menjelaskan menu aplikasi
7.2 Menyiapkan sistem komputer
7.3 Mendemonstrasikan aplikasi paket
installer
7.4 Menyimpan installer aplikasi
7.5 Menghubungkan aplikasi dengan basis
data.
8. Mengoperasikan sistem operasi jaringan
komputer
8.1 Menjelaskan fungsi periferal
jaringan komputer
8.2 Mengidentifikasikan ketersambungan
jaringan
8.3 Mengoperasikan aplikasi jaringan
komputer
8.4 Melakukan pemutusan jaringan.
9. Menerapkan bahasa pemrograman SQL
tingkat dasar
9.1 Menjelaskan konsep pengoperasian
bahasa pemrograman (SQL)
9.2 Mempersiapkan perangkat lunak SQL
9.3 Mendeskripsikan menu aplikasi SQL
9.4 Membuat tabel
9.5 Mengoperasikan tabel dan table view.
10. Menerapkan bahasa pemrograman SQL
tingkat lanjut
10.1 Menentukan formula pembentukan data
dengan batasan waktu
10.2 Membuat prosedur dan fungsi
10.3 Menulis kode program pembangkitan
data dengan batasan waktu
10.4 Mengoperasikan trigger.
11. Menerapkan dasar-dasar pembuatan web
statis tingkat dasar
11.1 Menjelaskan konsep dasar dan
teknologi Webpage
11.2 Menjelaskan struktur dokumen HTML
11.3 Menambahkan objek pada web
11.4 Membuat tabel pada web
11.5 Membuat Link pada web
11.6 Menyimpan dokumen
11.7 Menguji dokumen.
12. Membuat halaman web dinamis tingkat
dasar
12.1 Menjelaskan konsep pembuatan halaman
web dinamis
12.2 Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3 Membuat halaman web dinamis
sederhana
12.4 Menambahkan fungsi-fungsi pada
halaman web dinamis
12.5 Menguji halaman web dinamis.
13. Membuat halaman web dinamis tingkat
lanjut
13.1 Menjelaskan konsep pemrograman web
dinamis
13.2 Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3 Membuat web menggunakan bahasa
script.
14. Merancang aplikasi teks dan desktop
berbasis objek
14.1 Menjelaskan dasar-dasar pemrograman
14.2 Menerapkan fungsi
14.3 Menerapkan pointer
14.4 Menjelaskan class
14.5 Merancang aplikasi berorientasi
objek.
15. Menggunakan bahasa pemrograman
berorientasi objek
15.1 Menggunakan tipe data control
program
15.2 Membuat class
15.3 Membuat inheritance, polimorphy,
overloading, dan friends
15.4 Membuat interface dan paket
15.5 Mengkompilasi program berorientasi
objek.
16. Merancang program aplikasi web
berbasis objek
16.1 Menjelaskan file I/O (Input/Output),
tipe data dan variable pada java programming
16.2 Menjelaskan exception handling
16.3 Menjelaskan applet
16.4 Menerapkan konektivitas basis data.
17. Membuat aplikasi basis data
menggunakan SQL
17.1 Menjelaskan kebutuhan software
17.2 Membuat Entity Relationship Diagram
(ERD)
17.3 Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4 Mempersiapkan lembar kerja Basis
Data
17.5 Menggunakan sintaks-sintaks khusus
SQL
17.6 Membuat Query Basis Data.
18. Mengintegrasikan basis data dengan
sebuah web
18.1 Menjelaskan prosedur pengintegrasian
sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2 Mempersiapkan basis data
18.3 Membuat login pada basis data
18.4 Membuat koneksi basis data pada web
18.5 Menguji konektivitas basis data pada
web.
19. Membuat program basis data
19.1 Menjelaskan konsep pembuatan DBMS
berbasis Client-Server
19.2 Menggunakan SQL
19.3 Menggunakan stored procedures
19.4 Menggunakan triggers
19.5 Menggunakan administrasi SQL
19.6 Menjelaskan struktur program
aplikasi
19.7 Menerapkan SQL.
20. Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.1 Menjelaskan kebutuhan software
20.2 Menjelaskan dasar-dasar JSP
20.3 Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.4 Menyiapkan server untuk aplikasi web
berbasis JSP
20.5 Menyimpan state (kondisi) ke dalam
server dan client.
0 komentar:
Posting Komentar